Banner Blog 1-5_Tips Menyusun Barang

Trik Menyusun Barang Ala Backpacker

Satu hal yang tak kalah penting untuk kenyamanan bepergian ialah teknik atau cara menyusun barang-barang bawaan dalam tas ransel (carrier). Jika salah bisa sangat merepotkan. Namun, bagi mereka yang hobi berpergian, teknik packing kerap dianggap sebagai seni dan tergantung pada kebiasaan si pemakai.

Nah, bagi kamu yang masih newbie juga bisa belajar cara benar dan tepat menyusun barang dalam tas carrier. Hal pertama yang perlu kamu pahami ialah bagian-bagian dalam tas seperti:

- Bawah

Letakkan barang yang paling terakhir akan digunakan seperti baju, sendal atau celana.

- Atas

Bagian atas untuk barang yang sifatnya penting dan darurat. Misalnya seperti obat, perlengkapan pribadi, kamera atau charger.

- Samping

Yang biasa diletakkan di sini ialah botol air minum agar tak tumpah ke perlengkapan lain. Bagian samping gunanya untuk memudahkan pemakai mengambil barang yang paling dibutuhkan.

- Tengah

Bagian ini umum digunakan untuk tempat makanan. Bisa snack ringan atau makanan berat. Hati-hati menempatkannya dan lapisi dengan plastik agar tak tumpah.

Setelah memahami bagian dari tas ransel carrier, berikut sejumlah tips jitu berkemas yang tepat dan nyaman untuk berpergian.

1. Gunakan tas carrier yang sesuai dengan ukuran dan kemampuan fisik

Jangan terlalu besar karena bisa menguras banyak tenaga. Bawalah barang yang perlu dan penting saja.

2. Barang terberat letakkan paling atas jangan di bawah

Tujuannya ialah menempatkan beban terberat di pundak. Jika di bawah bisa mengganggu pergerakan kaki dan mudah lelah karena beban ada di pinggul.

3. Susun barang dengan berat seimbang kiri-kanan

Ini untuk menjaga keseimbangan tubuh dan kenyamanan saat bergerak. Terutama untuk medan yang sulit seperti pendakian.

4. Buat ceklist

Gunannya untuk mengurutkan penyusunan sesuai kebutuhan dan memaksimalkan ruang. Ceklist juga berguna untuk mengelompokkan barang-barang menurut kegunaannya. Setelah itu barang bisa masukkan dalam plastik atau wadah kedap air agar tak mudah kena rembesan.

5. Masukkan matras

Ada sebagian yang lebih suka menempatkan matras diluar tas. Namun, jika diletakkan di dalam memiliki keunggulan membuat bentuk ransel jadi tegak dan mudah untuk packing. Masukkan matras melingkar sehingga seperti frame dari barang.

6. Bawa barang yang ringan dan tak mudah pecah

Misalnya saja peralatan makan dari bahan plastik. Jika memang sangat dibutuhkan lindungi barang dengan wadah yang kuat. Untuk peralatan seperti panci bisa menghemat tempat dengan mengisi ruang kosong dengan barang lainnya.

6. Jangan menggantung benda diluar tas

Gantungan benda bisa mengganggu perjalanan, sebaiknya simpan semua dalam tas, kecuali botol air minum yang diletakkan di samping.

7. Pakai rain cover untuk melindungi ransel dari hujan

Rain cover juga bisa melindungi tas agar tak kotor saat perjalanan.

8. Selalu bawa kantong plastik dan tas tambahan

Kantong plastik akan selalu berguna saat backpackeran. Sementara tas tambahan bisa dipakai dipaha atau tas kecil untuk menyimpan keperluan yang paling sering dipakai.

Tips di atas merupakan cara atau teknik packing secara umum yang tepat dan benar. Namun, tidak ada aturan baku dalam berkemas, backpacker bisa menyusun barang-barangnya sesuai desain tas carrier dan selera masing-masing. Yang perlu diperhatikan ialah berat, keamanan, ukuran dan keseimbangan dalam menyusun barang bawaan. Semua itu tentu berguna demi kenyamanan saat berpergian nanti.

Share Button