Tips travelling saat puasa

TIPS Travelling saat Puasa

Tips Untuk Anda Yang Ingin Travelling Saat Puasa

Bulan puasa bukan menjadikan kegiatan Anda harus berkurang. Puasa memang menahan lapar, haus, nafsu, dan perlu meningkatkan iman ketaqwaan kepada Tuhan. Namun bukan berarti ketika bulan puasa kegiatan seperti travelling Anda juga harus tertunda. Siapa bilang travelling saat puasa itu tidak asyik. Siapa bilang travelling saat puasa itu melelahkan. Sebaliknya, dengan travelling saat puasa, menjadikan Anda untuk lebih ringan dalam menjalankan ibadah wajib kepada Tuhan. Travelling sudah pasti akan membuat Anda mengisi waktu dengan bermanfaat dan menjadikan Anda senang. Jadi, mengapa tidak Anda lakukan travelling saat puasa karena puasa bukan hambatan untuk melakukan travelling. Dengan mempersiapkan tips-tips berikut ini, maka tidak ada alasan lagi untuk menahan keinginan travelling saat puasa.

Rencanakan Tujuan Travelling Anda

Sebelum pergi travelling, sudah pasti Anda sudah memiliki tujuan hendak kemana. Jangan sampai membuat rencana serba mendadak, apalagi saat puasa. Dengan terencana, maka travelling tidak akan mengganggu ibadah puasa Anda. Kunjungilah tempat travelling yang tidak berada di luar ruangan seperti di pantai. Lebih baik pilih tujuan travelling yang berada di dalam ruangan. Sehingga dapat menghindari Anda dari sengatan matahari. Biasanya para travellers yang melakukan travelling saat puasa juga bertujuan untuk melakukan travelling berkah puasa. Seperti travelling Ramadhan saling berbagi rezeki kepada orang-orang yang membutuhkan. Namun jika Anda tidak berniat untuk itu, seperti lebih ingin melakukan travelling pribadi dengan keluarga, maka juga tidak masalah. Kemudian usahakan untuk memilih tujuan traveling yang tidak memakan waktu lama diperjalanan. Guna menghindari fisik Anda yang lelah diperjalanan. Jika memang perlu menempuh jarak yang jauh, maka pastikan Anda juga sudah merencanakan alat transportasi yang cepat untuk dapat membawa Anda hingga ke tujuan travelling. Rekomendasi yang tepat adalah dengan memilih alat transportasi pesawat terbang.

Rencanakan Waktu Travelling Anda

Sebelum travelling, Anda juga harus merencanakan berapa lama Anda untuk travelling di tujuan tersebut. Jika memang saat puasa, paling lama adalah lima hari saja. Guna menghindari fisik Anda drop karena terlalu lelah saat travelling. Meskipun travelling membuat Anda senang. Namun jika Anda sering jalan-jalan, juga akan tidak baik bagi fisik Anda selama puasa. Dan pastikan setiap harinya saat travelling, Anda memilih waktu yang tepat untuk jalan-jalan. Pastikan cuaca di tujuan travelling Anda tidak panas. Anda dapat memilih waktu saat pagi hari hingga sebelum siang. Kemudian dilanjutkan ketika sore sampai sebelum menjelang waktu berbuka puasa. Merencanakan waktu untuk travelling perlu karena mengingat Anda sedang puasa, maka jangan sampai membuat fisik Anda kelelahan. Hanya karena salah dalam merencanakan waktu travelling.

Rencanakan Barang Bawaan Anda

Jangan membawa banyak barang saat travelling apalagi puasa. Bawalah barang yang simple-simple dan tidak memberatkan. Maksimal dua tas cukup untuk Anda bawa saat travelling di bulan puasa. Satu buah tas berukuran besar atau dapat koper dan satu tas kecil seperti tas tangan. Isilah tas bawaan Anda dengan barang-barang yang memang diperlukan. Pakaian secukupnya, perlengkapan sholat, Al-Qur’an untuk berdzikir selama travelling, handphone sebagai alat komunikasi, kamera untuk mengabadikan moment travelling Anda, payung untuk berjaga-jaga jika cuaca hujan atau panas, dan obat-obatan yang Anda perlukan. Ingat, bawalah barang yang pasti berguna saat travelling. Sehingga Anda akan benar-benar membawa barang yang diperlukan dan tidak merepotkan saat travelling.

Rencanakan Sahur Sehat Selama Travelling

Selama Anda travelling, pastikan sahur Anda adalah sahur sehat. Penuhi asupan gizi selama sahur yang tepat. Yaitu, konsumsilah menu sahur yang dapat membuat perut kenyang lebih lama. Seperti menu sahur yang tinggi dengan asupan protein. Untuk minuman saat sahur lebih baik air putih sebanyak dua gelas. Tidak perlu teh, kopi, bahkan minuman yang manis. Sebab minuman yang manis akan membuat Anda merasa kehausan. Jika memang hendak minum teh, lebih baik ditambah dengan konsumsi air putih.

Rencanakan Bekal Cukup Selama Travelling

Selama jalan-jalan di tujuan travelling, Anda cukup membawa satu tas kecil saja. Biarkan tas besar Anda berada di hotel atau tempat Anda menginap. Kemudian isilah tas kecil Anda dengan bekal yang cukup. Salah satunya adalah bekal untuk berbuka. Guna berjaga-jaga jika pulang dari jalan-jalan, Anda belum tiba di tempat menginap. Kemudian Anda dapat berbuka dengan bekal seadanya yang Anda bawa. Bekal yang dapat dibawa seperti kurma, coklat, biskuit, serta sebotol air mineral.

Rencanakan Tempat Berbuka Jika Ingin Buka Puasa Di Luar

Jika Anda menginginkan untuk berbuka puasa di luar saat travelling, maka pastikan sudah merencanakan hendak kemana. Jangan sampai menjelang waktu berbuka puasa, Anda masih kebingungan hendak memilih restoran atau tempat kuliner mana. Untuk itu, Anda perlu memiliki beberapa rekomendasi tempat berbuka sesuai dengan di mana tujuan travelling Anda. Anda dapat mencarinya melalui browsing atau rekomendasi kerabat. Dan satu jam atau setengah jam sebelum berbuka, Anda sudah berada di tempat kuliner tersebut hingga waktu berbuka puasa tiba. Kemudian jangan terburu-buru untuk meninggalkan tempat kuliner Anda berbuka. Biarkanlah fisik Anda istirahat selama maksimal satu jam. Barulah Anda dapat kembali ke tempat penginapan.

Rencanakan Lebih Awal Jika Memang Bersama Anak

Banyak orang menghindari travelling saat puasa apalagi mengajak anaknya. Namun Anda tidak akan repot selama sudah merencanakannya sejak awal. Dengan memberikan beberapa nasehat kepada anak Anda selama travelling, diharapkan anak Anda akan menuruti nasehat Anda. Kemudian biarkan anak Anda juga untuk membawa barang bawaan sendiri. Jangan sampai semua barang bawaan anak, juga Anda yang membawanya. Selain akan memberatkan juga merepotkan selama travelling. Kemudian Anda juga perlu membawa bekal untuk anak Anda. Untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu anak Anda merasa capek dan tidak kuat berpuasa. Maka ada bekal yang dapat dimakan dan diminum. Sehingga anak Anda pun tidak akan rewel setiap kali Anda ajak travelling saat puasa.

Travelling saat puasa, mengapa tidak. Travelling saat puasa itu sama menyenangkan dengan travelling saat diluar bulan puasa. Dengan melihat tujuan dari travelling adalah untuk bersenang-senang, maka saat puasa pun, traveling juga akan menyenangkan. Asalkan Anda mempersiapkan atau merencanakan apa saja yang perlu ada dan dibawa saat travelling. Maka travelling saat puasa pun dapat dijalankan dengan tanpa beban. Apalagi jika Anda memang sudah niat travelling saat puasa. Niat travelling saat puasa ditambah mengajak anak-anak, juga ternyata dapat Anda lakukan. Seperti yang sudah disebutkan pada poin di atas. Bagi Anda yang memang mengajak anak-anak ketika travelling, maka rencana yang matang sudah harus ada. Jadi, segala hambatan dan rintangan tentu sudah jauh-jauh diantisipasi sebelum Anda melakukan travelling. Pastikan, kegiatan travelling Anda menjadi bermakna meskipun dilakukan saat puasa. Karena puasa, bukan hambatan untuk siapapun melakukan travelling.

Cari gampang beli tiket pesawat yaitu melalui Indonesia Flight, aplikasi yang harus kamu punya untuk membantu rencana travelling mu. Download di sini

Share Button