Ngabuburit asyik lebaran 2015

Tips Ngabuburit Asyik dan Seru saat Ramadhan – Lebaran sebentar lagi

Ngabuburit merupakan istilah yang paling populer digunakan masyarakat Indonesia ketika Ramadhan tiba. Istilah ini diartikan sebagai melakukan kegiatan seru sambil menunggu waktu berbuka. Namun tahukah kamu bahwa ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yang artinya menjelang sore hari (ketika maghrib). Entah sejak kapan istilah ini jadi populer secara umum. Satu hal yang pasti, hampir seluruh masyarakat Indonesia percaya ngabuburit bisa membuat waktu lebih singkat dan berjalan cepat. Tak terasa tiba-tiba sudah datang saat berbuka.

Nah, seiring populernya kegiatan ngabuburit ini, banyak cara asyik dan seru yang bisa dilakukan bersama keluarga, saudara, sahabat atau teman-teman. Kamu bisa melakukannya di rumah, di masjid atau keluar ke tempat-tempat yang positif. Berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat ngabuburit asyik dan seru. Satu hal yang pasti, lakukanlah kegiatan yang positif dan bermanfaat agar memperoleh keberkahan dan tidak mengurangi atau membatalkan puasa kamu.

Cara Bikin Ngabuburit Asyik dan Seru

1. Masak bareng

Kegiatan ini memang umumnya dilakukan oleh wanita, tapi pria juga bisa mencobanya lho. Cara ini punya banyak manfaat diantaranya, belajar memasak, menciptakan kedekatan hingga berhemat.

Kamu bisa melakukan kegiatan ini bareng keluarga, saudara atau teman dekat. Jika bingung mau masak apa, banyak resep dan kreasi makanan menarik di internet, majalah bahkan televisi yang bisa kamu coba. Apapun hasilnya, ada kesenangan, kehangatan dan keseruan tersendiri melakukan kegiatan ini.

2. Wisata kuliner atau berburu ta’jil

Sambil menunggu berbuka kamu bisa jalan-jalan untuk wisata kuliner atau berburu makanan buka puasa. Tiap ramadhan banyak bazar makanan yang digelar di beberapa spot. Umumnya dekat dengan masjid, pasar atau lokasi menarik yang jadi pusat jalan-jalan.

Selain itu tak ada salahnya kamu mencoba berburu ta’jil ke masjid. Setelah tadarusan atau kegiatan lain di dalam masjid, makan ta’jil bersama juga bisa jadi alternatif.

3. Main game

Bagi gamers, menghabiskan waktu dengan bermain game hingga waktu buka juga bisa jadi kegiatan seru. Game tak melulu aplikasi yang ada di gadget, kamu pun bisa memilih game tradisional seperti congklak, monopoli dan masih banyak lagi.

4. Ke perpustakaan umum

Nah, bagi kamu yang tak terlalu suka keramaian namun ingin ngabuburit asyik bisa mencoba untuk membaca buku di perpustakaan umum. Kamu juga bisa mendatangi toko buku atau tempat seru lainnya untuk bisa membaca sambil menunggu buka.

5. Ngaji, diskusi keagamaan atau denger ceramah di Masjid

Ngabuburit ini sangat dianjurkan dan bermanfaat baik di dunia dan di akherat. Selain dapat menimba ilmu-ilmu baru, berbagi cerita menarik dan mendapat informasi kamu juga akan mendapatkan pahala.

6. Jualan makanan dan minuman berbuka

Kegiatan ini juga memiliki banyak manfaat jika dilakukan ketika ngabuburit. Seperti diketahui, ketika Ramadhan tiba banyak penjual dadakan yang menjajakan dagangannya. Kamu bisa mencobanya bareng keluarga, saudara atau teman. Selain bisa seru-seruan, kamu juga bisa dapat keuntungan dari hasil penjualan.

Untuk membuat ngabuburit kamu lebih bermanfaat dan menyenangkan ada beberapa tips jitu agar mendapat keberkahan puasa, diantaranya:

- Jaga kesehatan untuk tetap fit agar ngabuburit jadi semangat

- Jangan berlebihan, misalnya saja membeli makanan terlalu banyak.

- Jangan pilih kegiatan ngabuburit yang terlalu menguras tenaga karena bikin tubuhmu cepat lelah.

- Tetap ingat sholat, se-asyik apapun ngabuburit kamu lebih berkah jika sholat tepat waktu dan berjamaah.

***

Download Aplikasi INDONESIA FLIGHT di Play Store / Apple Store

di sini 

Share Button