Tips Mudik aman dan Hemat

Tips Mudik Hemat & Aman dengan Pesawat Maupun Kereta Api

Berbicara mengenai mudik tentu berkaitan dengan waktu libur Ramadhan sampai waktu Idul Fitri tiba. Bagi Anda yang bekerja jauh dari kampung halaman, tentu sedapat mungkin harus dapat mudik. Beruntung karena di Indonesia, Anda dapat memilih alat transportasi umum apa yang akan mengantarkan Anda hingga sampai ke kampung halaman. Dengan mengambil dua contoh alat transportasi umum yang paling banyak diserbu jauh-jauh hari oleh para pemudik. Yaitu, pesawat dan kereta api, pastikan Anda mengetahui tips mudik yang hemat dan aman berikut ini.

Sudah Memesan Dan Membeli Tiket Pesawat Atau Kereta Api Jauh-jauh Hari

Usahakan dua bulan atau satu bulan sebelumnya, Anda sudah memesan dan membeli tiket untuk mudik. Jika Anda hendak naik pesawat, maka pastikan sudah memperoleh info mengenai tiket jauh-jauh hari dan langsung melakukan booking. Begitu juga jika Anda hendak naik kereta api untuk mudik. Mengapa harus jauh-jauh hari, alasannya adalah untuk memperoleh harga tiket transportasi yang lebih hemat. Bandingkan saja ketika Anda membeli dekat dengan hari Idul Fitri. Maka dapat dipastikan akan dibandrol dengan harga yang mahal. Terlebih yang paling sering terjadi adalah kehabisan. Meskipun pihak maskapai maupun stasiun masih menyediakan tiket di hari-hari mendekati Idul Fitri, tetap saja Anda harus merogoh kocek sangat dalam.

Namun Anda tidak perlu khawatir, Indonesia Flight menyediakan beragam tiket pesawat promo untuk kebutuhan mudik Anda, bahkan beberapa penumpang bisa hemat sampai dengan Rp 700,000. Berikut beragam informasi tiket pesawat promo

Agar tidak ketinggalan promo-promo menarik dari Indonesia Flight, dapatkan aplikasi nya dengan mendownload melalui link ini.

Untuk tiket kereta api, agar terhindar dari calo-calo nakal dan antrian panjang di stasiun, cukup dengan membeli tiket melalui aplikasi buatan anak Indonesia yaitu Tiket Kereta Api, klik di sini untuk mendownload aplikasi.

Bawa Barang Bawaan Seperlunya

Cukup bawa tas ransel dan tas jinjing. Jika memang harus membawa koper, maka bawa koper dan tas ransel saja. Pastikan Anda membawa barang bawaan seperlunya. Terlalu banyak membawa barang saat mudik justru akan merepotkan perjalanan Anda. Bagi Anda yang memilih mudik dengan pesawat, tentu ada batas maksimal berat barang bawaan yang boleh dibawa. Umumnya yang dapat di bawa ke kabin adalah tidak lebih dari tujuh kilogram. Begitu pula dengan Anda yang memilih mudik dengan kereta api, meskipun tidak dijelaskan batas maksimal barang bawaan yang boleh dibawa. Tetap saja lebih ringkas, maka lebih praktis. Dan Anda pun tidak akan kesulitan mengawasi barang bawaan Anda di dalam gerbong kereta. Apalagi jika Anda memilih kereta api kelas ekonomi yang banyak sekali penumpang di dalamnya.

Simpan Uang Di Dua Tempat Yang Aman

Anda mudik, bukan berarti tidak membawa uang. Bahkan saat mudik, orang-orang cenderung membawa uang dalam jumlah yang banyak. Kebiasaan “salam tempel” menjadikan orang yang bekerja di luar kota atau jauh dari kampung halaman harus membawa salam tempel tersebut. jadi, pastikan Anda menyimpan uang di tempat yang aman. Pisahkan menjadi dua bagian dan jangan sekali-kali disimpan pada saku celana. Simpan di dalam dompet dan masukkan ke tas ransel Anda. usahakan tas ransel selalu ada pada Anda. Kemudian, simpan sebagian uang yang Anda bawa di saku kemeja. Lebih baik Anda memakai kemeja bersaku dan memiliki kancing untuk menyimpan uang lebih aman.

Tips di atas adalah tips mudik yang sederhana bagi Anda yang memilih dengan pesawat maupun kereta api. Meskipun sederhana, namun jika ada satu yang dilupakan, maka akan menyulitkan. Jadi, pastikan mudik Anda adalah mudik yang hemat dan mudik yang aman. Sehingga setibanya di kampung halaman, dapat dengan hati senang dapat dipertemukan oleh orang tua dan kerabat.

Share Button