Banner Blog 6-9_Tips Mengamankan Rumah

Tips Mengamankan Rumah Saat Traveling Dari Kebakaran Maupun Kemalingan

Meninggalkan rumah baik saat liburan atau karena ada keperluan lain memang selalu membuat kekhawatiran tersendiri. Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi karena rumah tidak dalam pengawasan penghuninya. Hal-hal seperti kemalingan atau kebakaran bisa saja terjadi baik karena kelalaian sendiri maupun karena hal lain yang tak terhindarkan. Di lebaran tahun ini saja dilaporkan ada sekitar 52 rumah yang mengalami kebakaran saat ditinggal penghuninya pulang kampung. Sebelum meninggalkan rumah, bukan hanya dicek ulang kunci-kuncinya saja tetapi juga hal-hal yang bisa menyebabkan kebakaran atau hal buruk lainnya. Agar rumah Anda lebih aman dari segala kecerobohan, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Matikan gas dan listrik

Kebocoran gas dan listrik merupakan dua hal penyebabn utama kebakaran di rumah tangga masyarakat Indonesia. Sebelum pergi, cek kembali apakah semua kompor sudah dimatikan dengan benar, apabila rumah menggunakan fasilitas heater atau pemanas juga harus sudah dimatikan. Bila perlu sebaiknya regulator dicopot saja dari gas agar tidak terjadi kebocoran gas. Begitu juga dengan listrik, nyalakan lampu hanya seperlunya saja misalnya lampu depan dan lampu dapur. Cabut kabel listrik yang tidak dipakai seperti kabel elektronik. Pastikan kabel tidak ada yang mengelupas karena karena kabel yang mengelupas apabila terjadi percikan api bisa menyambar benda lain yang mudah terbakar.

Amankan barang berharga

Jangan menyimpan barang berharga seperti perhiasan dan uang di dalam lemari atau kasur karena itu adalah tempat pertama yang dicari oleh pencuri. Simpan barang berharga di tempat yang tersembunyi dan tidak terduga. Bila perlu simpan di dalam kotak brankas dengan kunci tertentu. Surat-surat berharga juga rawan dicuri dan mudah sekali terbakar, simpan dengan baik atau titipkan dengan orang yang sudah Anda percaya. Bisa juga menitipkan barang berharga ke bank bahkan Anda akan mendapatkan asuransi bila a terjadi hal yang tidak diinginkan.

Perangkat keamanan tambahan

Tips mengamankan rumah saat traveling selanjutnya adalah dengan memasang perangkat keamanan tambahan seperti kamera cctv yang bisa Anda pantau secara real time sehingga bila ada gerak-gerik mencurigakan bisa segera Anda laporkan kepada polisi. Selain cctv Anda juga memasang alarm pada pintu dan jendela. Alarm ini akan mengeluarkan bunyi yang mengganggu apabila ada pintu atau jendela yang dibuka tidak menggunakan kode passwordnya. Hal ini tentu bisa menarik perhatian orang lain dan membuat maling panik. Bahkan beberapa perusahaan alarm menyediakan layanan otomatis menghubungi polisi bila ada pembobolan.

Jika merasa tidak perlu pasang cctv, bisa dengan mengganti kunci gembok dengan gembok yang agak mahal. Gembok dengan harga yang agak mahal memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dan lebih sulit dibuka tanpa menggunakan kunci. Untuk keamanan rumah yang lebih baik tidak ada salahnya Anda mengeluarkan uang sedikit lebih banyak agar tidak kehilangan barang yang lebih berharga.

Pasang teralis

Jika Anda khawatir kaca pada pintu dan jendela mudah dipecahkan, bisa menambah lapisan keamanan dengan memasang teralis besi di pintu maupun jendela. Teralis yang merupakan jeruji besi ini bisa menyulitkan orang asing masuk ke dalam rumah karena tidak mudah untuk dibengkokan atau digergaji. Jangan takut rumah menjadi seperti penjara karena teralis kini ada banyak sekali desainnya yang bisa menjadi bagian dari dekorasi rumah Anda. Pasang teralis yang kuat dan dipasang dengan baut yang tidak mudah untuk dilihat dan dilepaskan oleh orang dari luar.

 

Share Button