Mobile Banner Blog - Tak Kenal Maka Tak Sayang

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Pepatah di atas cukup sering kita dengar. Sebagai warga negara yang lahir dan besar di negara ini sudah sepatutnya kita mengenal kebudayaan yang ada di Indonesia. Namun, sangat disayangkan, tidak banyak dari kita yang benar-benar mengenal bahkan mencintai kebudayaan dari Indonesia. Berikut ini beberapa tips agar kita dapat lebih mengenal kebudayaan di Indonesia:

Mengenal dan mempraktekannya

Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat beragam, mulai dari suku, agama, ras dan sebagainya. Bagaimana kamu dapat mencintai kebudayaan Indonesia bila tidak mengenalnya terlebih dahulu? Untuk mulai mengenalnya dimulai dengan mengunjungi beberapa daerah wisata. Misalnya, berkunjung ke Tanah Toraja, perhatikan dan pelajari apa saja yang dilakukan masyarakat Toraja sehari-hari.

Mengikuti kegiatan lingkungan

Kita juga bisa loh melakukan kegiatan pelestarian lingkungan untuk ikut serta dalam merawat dan mencintai lingkungan sekitar. Misalnya, mengikuti kegiatan pelestarian di lingkungan rumah, acara HUT Kemerdekaan, dan acara kebudayaan nasional lainnya. Dengan begitu kita akan lebih mudah mengenal keunikan dan nilai-nilai moral dari setiap budaya.

Mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari

Setelah mengenal budaya sendiri, maka akan lebih mudah untuk memahami dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak hal penting yang dapat kita petik dari budaya di negara ini yang dapat kita praktekkan, seperti menggunakan busana yang santun, berbahasa yang baik, ramah terhadap orang lain, ringan tangan dan masih banyak lagi.

Menghilangkan sikap gengsi dan malu

Tidak perlu merasa gengsi dan malu dengan budaya sendiri. Banyak hal positif dari budaya kita yang seharusnya membuat kita bangga dalam menerapkan ke kehidupan sehari-hari. Sehingga ketika berkunjung ke negara lain, kita tidak perlu merasa khawatir dengan identitas diri kita.

Tidak mudah terpengaruh dengan budaya asing

Kagum terhadap artis atau tokoh terkenal bukanlah sebuah masalah. Namun, jangan sampai kekaguman itu jadi melunturkan rasa cinta kita terhadap budaya di negara sendiri. Apalagi, kalau kebudayaan asing tersebut sangat bertentangan dengan kepribadian bangsa kita.

Keragaman budaya Indonesia ini harus dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran untuk setiap kita. Sambil jalan-jalan, sambil belajar!

Share Button