Banner Blog 6-9_Tips Hunting Barang Murah

Hindari Liburan Yang Membuat Miskin Dengan Tips Hunting Barang Murah berikut

Saat traveling apa lagi buktinya selain foto kalau bukan oleh-oleh souvenir? Setiap objek wisata pasti menawarkan souvenir khasnya yang bisa dibeli oleh para wisatawan sebagai memento. Sayangnya, kerap kali harga yang diberikan kepada wisatawan terlalu tinggi yang kadang tidak sesuai dengan nilai barangnya, apalagi jika sedang musim liburan maka saat yang tepat bagi para pedagang untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya. Hal ini tentu saja bisa membuat budget liburan Anda membengkak apalagi jika banyak yang minta dibelikan oleh-oleh. Berikut ini akan diberikan beberapa tips hunting barang murah saat traveling agar budget Anda tetap pada jalurnya.

Beli langsung ke produsen

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika membeli oleh-oleh langsung dari produsennya. Pertama Anda bisa melihat langsung proses pembuatannya bahkan kadang bisa ikut mencoba membantu membuatnya. Kedua Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah karena tidak ada pajak atau keuntungan pedagang, bahkan bisa saja Anda mendapatkan bonus jika produsen suka dengan sikap Anda yang ramah dan terbuka. Ketiga, Anda bisa menyampaikan secara langsung rasa menghargai terhadap barang khas yang dibuat sehingga membuat orang lain senang.

Beli yang khas saja

Namanya jaman globalisasi, produk yang semestinya menjadi khas sebuah daerah bisa saja didatangkan dari tempat lain sehingga kehilangan nilai kekhasannya. Telitilah suatu barang sebelum Anda melakukan transaksi, pastikan barang tersebut adalah asli barang buatan daerah tersebut. Ini juga salah satu keuntungannya langsung mendatangi produsennya karena barang atau souvenir memang asli buatan orang daerah tersebut. Selain itu belilah souvenir yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain. Misalnya berkunjung ke Pasar Sukowati di Bali yang banyak menjual bedcover, padahal bedcover bisa Anda dapatkan di manapun dengan harga yang beragam pula.

Belikan makanan untuk oleh-oleh

Banyak dititipi oleh-oleh dari teman kantor atau kerabat namun tidak menitipkan uang? Belikan saja makanan khas yang bisa dimakan ramai-ramai. Dalam membeli makanan pastikan tanggal kadaluarsanya belum lewat, boleh masuk ke kabin apabila Anda naik pesawat, awet, tidak berbau tajam karena bisa mengganggu penumpang lain, dan tentunya rasanya yang enak. Dengan membelikan makanan khas, Anda tidak perlu lagi repot mencari souvenir untuk masing-masing orang yang bisa membuat dompet Anda menangis meraung-raung.

Jangan ragu untuk menawar

Tips hunting barang murah saat traveling yang terakhir adalah jangan ragu untuk menawar harga barang mulai dari setengah harga barang. Dalam menawar tentu harus menjaga sikap sopan santun dan ramah kepada penjual agar penjual juga respect pada Anda. Jangan tunjukkan sikap yang terlalu antusias yang menunjukkan Anda ingin sekali membeli barang tersebut karena ini bisa menggagalkan negosiasi Anda. Jika harga yang ditawarkan masih terlalu mahal Anda bisa mencari pedagang lain yang mungkin lebih lunak. Meskipun beberapa pedagang kadang bisa memaksa Anda dan berdalih “sudah menawar kok tidak jadi membeli” jangan gentar untuk meninggalkan pedagang bila memang harganya tidak cocok.

Kirimkan belanjaan

Jika Anda bepergian menggunakan pesawat, ada batas bagasi yang bisa Anda bawa masuk ke kabin, sementara untuk bagasi tambahan dikenakan biaya yang tidak murah. Anda bisa menyiasatinya dengan mengemas barang belanjaan kemudian dikirimkan ke alamat Anda. Biaya ekspedisi ini lebih murah, namun tentu harus dengan pertimbangan beberapa hal. Misalnya apakah makanannya bisa awet, barang pecah belah yang dikemas dengan baik dan aman, atau bisa juga meminta pedagang untuk mengirimkannya untuk Anda. Saat ini mulai banyak toko souvenir yang menyediakan layanan pengiriman barang bagi turis.

Share Button