Banner Blog 6-9_Tips Bepergian dengan Anak

Berpergian Dengan Anak-Anak Tidak Akan Jadi Mimpi Buruk Dengan Trik Berikut

Mungkin banyak orang tua yang beranggapan bahwa berpergian dengan anak-anak adalah sebuah mimpi buruk. Apalagi anak balita atau yang masih duduk di banku sekolah dasar adalah usia anak yang paling aktif dan rasa ingin tahu yang besar sekali. Di sampin itu anak dengan umur tersebut mudah merasa tidak nyaman dan susah dibujuk apabila sudah mulai merengek. Perjalanan bepergian yang seharusnya menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri antar anggota keluarga bisa runyam dan hancur berantakan karena stress membawa anak-anak. Tetapi jika Anda tahu triknya, berpergian bersama dengan anak-anak bisa menjadi hal yang menyenangkan dan seru, terutama ketika kita ‘dipaksa’ untuk melihat dunia dari sudut pandang anak kecil yang masih sederhana dan polos. Kuncinya ada pada kesabaran dalam menghadapi anak-anak yang berapi-api. Selain itu, Anda bisa mengikuti beberapa trik berikut ini.

Bawa mainan favoritnya

Jangan jadi orang tua yang tidak memperdulikan opini anaknya meski masih kecil termasuk barang apa yang ingin dibawanya. Ketika berkemas, Anda bisa melibatkan anak Anda untuk membawa barang yang menjadi favoritnya. Jika ia ingin membawa selimut favoritnya atau boneka kesayangannya, biarkan saja. Jika barang yang dibawa terlalu banyak dan tidak ada tempat, Anda bisa menjelaskan padanya perlahan mengapa ia tidak bisa membawa mainan tersebut. Dengan membawa barang favoritnya, mood anak akan lebih baik dan akan lebih mudah menenangkannya ketika si anak sudah mulai rewel.

Sediakan tissue basah

Apalagi jika Anda membawa anak yang masih berusia balita maka membawa persediaan popok sekali pakai dan tisu basah sudah menjadi keharusan. Dalam perjalanan tidak bisa setiap saat Anda berhenti di rest area apalagi jika macet dan sebagainya. Tisu basah berguna untuk mengelap makanan yang tumpah atau ketika anak Anda buang air kecil maupun besar sehingga Anda bisa langsung mengganti popoknya dan membersihkan tubuhnya dengan tisu basah. Tisu basah juga bisa berguna untuk mengelap wajah sehingga anak Anda akan merasa segar kembali karena cuaca yang panas.

Makanan kecil itu penting

Selain bosan, hal yang bisa membuat anak-anak merengek adalah ketika mereka lapar. Anak-anak sulit untuk mengerti bahwa mereka tidak bisa semaunya menghentikan perjalanan untuk sekedar membeli makanan. Oleh karena itu selain perlengkapan perjalanan dan pakaian, Anda juga harus mengemas makanan kecil untuk anak. Sesekali memberikannya makanan kecil kesukaannya tidak masalah asal tidak keterusan. Pilihlah makanan kecil yang awet dan mudah dibawa. Anda bahkan bisa membuat bekal makan siang dengan penampilan yang menarik untuk dimakan dalam perjalanan.

Jawab semua pertanyaannya

Seperti telah disebutkan, anak-anak adalah makhluk dengan rasa ingin tahu yang luar biasa. Ia bisa saja mengajukan pertanyaan yang sama berulang kali meski orang tuanya sudah memberikan jawaban sebisa mungkin. Anda mungkin juga merasakan kelelahan selama perjalanan namun jangan jadikan rasa lelah berubah menjadi sikap yang tidak ramah pada anak. Anak-anak memiliki perasaan yang sensitif sehingga mood Anda yang buruk pun bisa menular padanya sehingga membuat perjalanan Anda semakin melelahkan.

Sesekali beristirahat di rest area

Jika perjalanan memerlukan waktu yang cukup lama, tertutama di atas 4 jam sebaiknya sesekali melakukan istirahat di rest area yang sudah disediakan. Di rest area ini semua penumpang kendaraan bisa sekedar meluruskan kaki mereka, mengisi bahan bakar, ke toilet, makan, dan bagi anak-anak meraka bisa mendapatkan ruang bebas agar tidak terlalu pengap berada di dalam kendaraan terus-terusan. Membawa anak-anal di rest area juga harap hati-hati karena banyak kendaraan yang masuk dan keluar serta ramai oleh orang sehingga rawan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Share Button