Banner Blog 1-5_Solo Backpacking

5 Persiapan Penting untuk Solo Backpacking

Bagi yang hobi traveling, backpacker merupakan salah satu cara seru dan menyenangkan untuk melepas penat, memenuhi hasrat dan menaklukan lokasi tertentu. Rata-rata kegiatan ini dilakukan dalam rombongan atau minimal dua orang sebagai teman seperjalanan.

Adanya teman tentu sangat menguntungkan ketika menjelajah tempat yang masih asing. Namun, pernahkah kamu membayangkan berpergian kemana-mana atau backpacking hanya seorang diri? Mungkin terdengar nekat, tapi sejumlah orang sudah pernah melakukannya dan mereka memiliki cerita juga pengalaman menarik tak terlupakan.

Secara umum tidak ada persiapan yang berbeda antara backpacking bareng teman atau sendiri. Untuk melancong kemana-mana sudah pasti kamu wajib mengumpulkan banyak informasi terlebih dahulu terkait lokasi yang dituju.

Informasi tersebut juga menyangkut tentang penginapan, transportasi, tempat makan dan keperluan lainnya untuk disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Bagi sebagaian orang yang sudah pernah solo backpacking rata-rata memiliki kepuasan dan tantangan, diantaranya seperti:

- Menikmati setiap detik perjalanan dan pemandangan yang tersaji. Seorang diri berpergian jadi lebih fokus dan tak banyak mengobrol seperti ketika ada teman.

- Tertantang untuk bisa menjaga diri dan membuat manajemen yang baik. Seorang diri tentu wajib menjadi mandiri dan menyiapkan segalanya dengan matang. Termasuk perlindungan dan strategi membuat perjalanan jadi seru tak terlupakan.

Nah, jika kamu berencana backpacking sendirian ada baiknya memperhatikan sejumlah hal yang sangat dibutuhkan berikut ini.

1. Siapkan mental

Ini poin penting pertama untuk solo backpacking setelah mengumpulkan banyak informasi penting, menyusun rencana perjalanan, menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, membooking transportasi dan penginapan hingga menyiapkan dana tambahan lain.

Kamu perlu melawan rasa khawatir dan takutmu untuk berjalan sendirian nantinya. Butuh keberanian untuk sendirian menyusuri jalanan asing, berkerumun dengan orang tak dikenal hingga mencoba berkomunikasi untuk sekedar bertanya atau mengobrol.

2. Buang gengsi

Ketika dalam perjalanan kamu butuh berinteraksi. Mulai dari sekedar menanyakan lokasi tertentu, mengumpulkan informasi hingga menjalin pertemanan baru. Buang rasa gengsi dan malu karena itu akan menyesatkan dan membawamu dalam masalah.

3. Pelajari dan patuhi budaya, tradisi dan aturan setempat

Setiap daerah punya keunikannya masing-masing. Sangat baik dan dianjurkan jika kamu mematuhi juga mempelajari apa yang sudah jadi aturan di lokasi wisata tersebut.

4. Perlindungan diri dan kewaspadaan

Resiko paling besar ketika berpergian sendirian ialah faktor keamanan. Tindak kriminal bisa terjadi kapan dan dimana saja dan melibatkan dirimu. Ketika sendiri di lokasi asing, jangan sampai lengah dan lebih waspada.

Simpan barang-barang pentingmu secara terpisah dibagian yang kamu anggap aman. Untuk keperluan perjalanan gunakan uang receh, sementara uang pokok simpan dalam dompet dan masukkan bagian terdalam tas. Kamu juga bisa berjaga dengan menyimpan uang di kaos kaki.

5. Manajemen diri

Sendiri membuat segala yang kamu butuhkan harus dipenuhi sendiri. Membayar penginapan sendiri, menggunakannya sendiri dan memenuhi kebutuhan sendiri. Jangan sampai kamu kekurangan dana dan keprluan, jadi persiapkan segalanya dengan matang dan kontrol dirimu sendiri. Sebisa mungkin hanya membawa satu tas besar dan satu tas kecil yang memuat semua barang kebutuhanmu.

Satu hal lagi yang patut dicoba ialah meninggalkan jejak. Kamu bisa melakukannya dengan update status di jejaring sosial untuk mengabarkan keberadaanmu. Ini juga bisa untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu di perjalanan. Persiapan terakhir yang tak kalah penting ialah berdoa dan berserah diri pada Tuhan YME. Semoga perjalananmu menyenangkan dan memberikan pengalaman berharga.

 

Share Button